Berita

Juara 1 Tingkat Provinsi dalam Lomba Kecantikan

2022-12-18 08:41:16

Admin

Image

Blitar – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Anies Baswedan Ph.D dalam sambutannya yang dibacakan oleh Bupati Blitar, H. Rijanto selaku Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2016 di Gelora Penataran Kecamatan Nglegok, Senin 02 Mei 2016 menyampaikan, apresiasi atas peran aktif para pendidik dalam mencerdaskan saudara sebangsa. Para pendidik diseluruh jenjang tak lelah menyalurkan inspirasi, membuka jalan pencerahan, dan membangkitkan asa setiap insan yang dididiknya agar menjadi manusia yang berkarakter, berpengetahuan dan memberikan faedah bagi sekitarnya. Untuk itu diingatkan,

Hari Pendidikan Nasional dirayakan sebagai hari kesadaran tentang pentingnya kualitas manusia.

Lebih lanjut ditegaskannya, seperti yang di gariskan oleh Presiden Jokowi, bahwa Indonesia akan menjadi bangsa yang disegani dunia dan akan berhasil dalam berbagai kompetisi era global , jika tinggi kualitas manusianya. Manusia yang terdidik dan tercerahkan adalah kunci kemajuan bangsa. Mutu dan jenjang pendidikan berdampak besar pada ruang kesempatan untuk maju dan sejahtera. Maka memastikan setiap manusia Indonesia mendapatkan akses pendidikan yang bermutu sepanjang hidupnya sama dengan memastikan kejayaan dan keberlangsungan bangsa. Menngingat, dunia saat ini adalah dunia yang sangat berbeda dengan dunia beberapa dekade lalu. Revolusi teknologi menjadi pendorong lompatan perubahan yang akan berpengaruh pada cara hidup dan bekerja. Meramalkan masa depan menjadi semakin sulit karena ketidakpastian perubahan yang ada. Namun yang harus dipastikan kepada anak-anak bahwa tetap memberikan dukungan sepenuhnya kepada mereka untuk menyiapkan diri meraih kesempatan yang ada.

Salah satu dukungan yang perlu diberikan pada anak-anak Indonesia adalah memastikan bahwa apa yang mereka pelajari saat ini adalah apa yang memang mereka butuhkan untuk menjawab tantangan jamannya. Keterampilan utuh yang dibutuhkan oleh anak-anak Indonesia di abad 21 ini mencakup tiga komponen yaitu kualitas karakter, kemampuan literasi, dan kompetensi. Karakter terdiri dari dua bagian. Pertama, karakter moral, sesuatu yang sering kita bicarakan. Karaker moral itu antara lain adalah nilai Pancasila, keimanan, ketakwaan, intergitas, kejujuran, keadilan, empati, rasa welas asih, sopan santun. Yang kedua adalah karakter kinerja. Di antara karakter kinerja adalah kerja keras, ulet, tangguh, rasa ingin tahu, inisiatif, gigih, kemampuan beradaptasi, dan kepemimpinan. Harapannya, anak-anak Indonesia menumbuhkan kedua bagian karakter ini secara seimbang. Selain itu, literasi dasar menjadi komponen kemampuan abad 21 yang perlu diperhatikan berikutnya. Literasi dasar memungkinkan anak-anak meraih ilmu dan kemampuan yang lebih tinggi serta menerapkannya kepada kehidupan hariannya. Terakhir dan tak kalah pentingnya adalah komponen kompetensi. Abad 21 menuntut anak-anak Indonesia mampu menghadapi masalah-masalah yang kompleks dan tidak terstruktur. Maka mereka membutuhkan kompetensi kemampuan kreativitas,

Adalah tugas kita semua untuk memastikan binar keingintahuan di mata setiap anak Indonesia, serta api semangat berkarya di dalam dirinya tidak akan padam. Adalah tugas kita memberikan ruang bagi anak-anak Indonesia untuk berkontribusi, memajukan dirinya, memajukan masyarakatnya, memajukan kebudayaan bangsanya. Rasa percaya dari orang dewasa kepada anak-anak untuk berkarya dan ikut membawa kebudayaan kita terus bergerak melangkah maju adalah kunci kemajuan negara.

Melalui Tema Hardiknas 2016, “ Nyalakan Pelita, Terangkan Cita-cita, “ Mendikbud mengajak semua pihak terlibat , bergerak dalam memperluas dampak pendidikan terhadap saudara-saudara sebangsa yang belum sepenuhnya merasakan kesempatan memperoleh pendidikan. Harapannya, pemerintah dan stakeholders bisa menjadi pelita bagi setiap anak Indonesia yang akan membuatnya bisa melihat peluang, mendorong kemajuan, menumbuhkan karakter, dan memberikan kejernihan dalam menata dan menyiapkan masa depannya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Blitar juga memberikan pesan bahwa masyarakat Kabupaten Blitar harus kompak, guyup, rukun memajukan pendiidkan di Kabupaten Blitar.

Pada peringatan hari besar nasional tersebut diacarakan pula penyerahan Satya Lencana Karya Satya dari Presiden RI kepada PNS masa bakti X tahun, XX tahun, dan XXX tahun. Secara simbolis Bupati Blitar menyematkannya kepada perwakilan. Juga penyerahan piala dan piagam penghargaan bagi siswa-siswi berprestasi baik di tingkat kabupaten maupun internasional, diantaranya Inda Ainuna Tazkia dari SLB Marsudi Utomo yang telah meraih juara 1 tingkat provinsi dalam lomba kecantikan, untuk lomba atletik putra meraih juara 2 tingkat nasional yakni Mochamad Rizki Numbala, dan pada lomba poster tingkat internasional di Tokyo Jepang diraih oleh Ilham Faisal Rahman. Dia berhasil menerima predikat juara 1 pada lomba tersebut.


Youtube Channel

Berita Terbaru

PENSI

2023-07-24 15:58:51
Admin

PENSI

2023-07-24 16:02:38
Admin

Lokasi Sekolah

Alamat

Jl. Raya kesamben No.06 Kabupaten Blitar

Email

slbmarsudiutomoksb@gmail.com

Nomor Telepon

(0342)6335202

Managed By ABK Istimewa 2022.